Arya Tangkas Kori Agung

Om AWIGHNAMASTU NAMOSIDDHAM, Terlebih dahulu, kami haturkan pangaksama mohon maaf sebesar - besarnya ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi - Tuhan Yang Maha Esa serta Batara - Batari junjungan dan leluhur semuanya. Agar supaya, tatkala menceriterakan keberadaan para leluhur yang telah pulang ke Nirwana, kami terlepas dari kutuk dan neraka.

 
Refrensi Pasek Tangkas
Untuk menambah Referensi tentang Arya Tangkas Kori Agung, Silsilah Pasek Tangkas, Babad Pasek Tangkas, Perthi Sentana Pasek Tangkas, Wangsa Pasek Tangkas, Soroh Pasek Tangkas, Pedharman Pasek Tangkas, Keluarga Pasek Tangkas, Cerita Pasek Tangkas. Saya mengharapkan sumbangsih saudara pengunjung untuk bisa berbagi mengenai informasi apapun yang berkaitan dengan Arya Tangkas Kori Agung seperti Kegiatan yang dilaksanakan oleh Keluarga Arya Tangkas Kori Agung, Pura Pedharman Arya Tangkas Kori Agung, Pura Paibon atau Sanggah Gede Keluarga Arya Tangkas Kori Agung, Keluarga Arya Tangkas Kori Agung dimanapun Berada Termasuk di Bali - Indonesia - Belahan Dunia Lainnya, sehingga kita sama - sama bisa berbagi, bisa berkenalan, maupun mengetahui lebih banyak tentang Arya Tangkas Kori Agung. Media ini dibuat bukan untuk mengkotak - kotakkan soroh atau sejenisnya tetapi murni hanya untuk mempermudah mencari Refrensi Arya Tangkas Kori Agung.
Dana Punia
Dana Punia Untuk Pura Pengayengan Tangkas di Karang Medain Lombok - Nusa Tenggara Barat


Punia Masuk Hari ini :

==================

Jumlah Punia hari ini Rp.

Jumlah Punia sebelumnya Rp.

==================

Jumlah Punia seluruhnya RP.

Bagi Umat Sedharma maupun Semetonan Prethisentana yang ingin beryadya silahkan menghubungi Ketua Panitia Karya. Semoga niat baik Umat Sedharma mendapatkan Waranugraha dari Ida Sanghyang Widhi – Tuhan Yang Maha Esa.

Rekening Dana Punia
Bank BNI Cab Mataram
No. Rekening. : 0123672349
Atas Nama : I Komang Rupadha (Panitia Karya)
Pura Lempuyang
Pura Lempuyang Luhur terletak di puncak Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang, ... Pura Lempuyang itu merupakan stana Hyang Gni Jaya atau Dewa Iswara.
Berbakti
Janji bagi yang Berbakti kepada Leluhur BERBAKTI kepada leluhur dalam rangka berbakti kepada Tuhan sangat dianjurkan dalam kehidupan beragama Hindu. Dalam Mantra Rgveda X.15 1 s.d. 12 dijelaskan tentang pemujaan leluhur untuk memperkuat pemujaan kepada Tuhan. Dalam Bhagawad Gita diajarkan kalau hanya berbakti pada bhuta akan sampai pada bhuta. Jika hanya kepada leluhur akan sampai pada leluhur, kalau berbakti kepada Dewa akan sampai pada Dewa.
Mantram Berbakti
Berbakti kepada Leluhur Abhivaadanasiilasya nityam vrdhopasevinah, Catvaari tasya vardhante kiirtiraayuryaso balam. (Sarasamuscaya 250) Maksudnya: Pahala bagi yang berbakti kepada leluhur ada empat yaitu: kirti, ayusa, bala, dan yasa. Kirti adalah kemasyuran, ayusa artinya umur panjang, bala artinya kekuatan hidup, dan yasa artinya berbuat jasa dalam kehidupan. Hal itu akan makin sempurna sebagai pahala berbakti pada leluhur.
Ongkara
"Ongkara", Panggilan Tuhan yang Pertama Penempatan bangunan suci di kiri-kanan Kori Agung atau Candi Kurung di Pura Penataran Agung Besakih memiliki arti yang mahapenting dan utama dalam sistem pemujaan Hindu di Besakih. Karena dalam konsep Siwa Paksa, Tuhan dipuja dalam sebutan Parama Siwa, Sada Siwa dan Siwa sebagai jiwa agung alam semesta. Sebutan itu pun bersumber dari Omkara Mantra. Apa dan seperti apa filosofi upacara dan bentuk bangunan di pura itu?
Gayatri Mantram
Gayatri Mantram Stuta maya varada vedamata pracodayantam pavamani dvijanam. Ayuh pranam prajam pasum kirtim dravinan brahmawarcasam Mahyam dattwa vrajata brahmalokam. Gayatri mantram yang diakhiri dengan kata pracodayat, adalah ibunya dari empat veda (Rgveda, Yayurveda, Samaveda, Atharwaveda) dan yang mensucikan semua dosa para dvija. Oleha karena itu saya selalu mengucapkan dan memuja mantram tersebut. Gayatri mantram ini memberikan umur panjang, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemasyuran, pemberi kekayaan, dan memberi cahaya yang sempurna. Oh Tuhan berikanlah jalan moksa padaku.
Dotlahpis property
Image and video hosting by TinyPic
Chakra - Cakra Kundalini
Selasa, 29 Juli 2008
Chakra, Cakra adalah sesuatu yang natural yang sudah ada dalam setiap tubuh manusia sejak lahir. Chakra bisa mengunci dan membuka aliran energy alami dalam tubuh kita. Dalam dunia akupuntur banyak digunakan pengetahuan chakra dalam menjalankan pengobatan terhadap si sakit. Charka juga dikenal dengan titik tubuh.

Di tubuh manusia banyak terdapat chakra. Entah itu chakra mayor atau chakra minor. Jumlah chakra superminor adalah 6666 buah 3333 terletak dibagian depan tubuh dan 3333 terletak dibagian belakang tubuh. Chakra minor berjumlah 114 buah, sedangkan chakra mayor berjumlah 7 buah. Akan tetapi kita memakai 9 buah chakra mayor termasuk void sebagai berikut(Letaknya lihat gambar):

  1. Chakra Sahasrara
  2. Chakra Ajna/Agni
  3. Chakra Visuddhi
  4. Chakra Anahatta
  5. Chakra Solar Flexsus
  6. Void/Bhavasgar/Zen/Ruang kosong
  7. Chakra Nabi
  8. Chakra Swadisthan
  9. Chakra Mooladhara

Sekarang kita bahaas satu persatu:

Chakra Sahasrara

Chakra sahasrara terletak di tengah batok kepala manusia. Chakra ini berhubungan dengan ibu kita. Hanya doa ibu yang bisa membuka lebar chakra sahasrara anda. Sehebat apapun master anda yang memberikan attunement kepada anda, dia hanya akan membuka chakra sahasrara anda secara sementara. Tidak akan permanen. Doa ibu akan membuka chakra sahasrara anda selebar mungkin. Rasa kecewa ibu anda kepada anda akan menyebabkan chakra sahasrara menyempit dan tertutup dengan sangat cepat. Jadi segeralah minta maaf dan minta ampun kepada ibu anda. Inilah charka manifestasi dari Hawa, istri Adam. Pepatah mengatakan ” Sorga dibawah telapak kaki ibu” bisa diartika tanpa restu dari seorang ibu anda tidak akan menemukan sorga. Masih ingat ketika Bapak Putu Ngurah Ardika,S.sn mengajarkan murid-murid sungkem kepada orang tua terutama ibu. Inilah manfaatnya. Bagaimana jika ibu anda sudah meninggal,? pakailah fotonya dan hadirkan ibu anda dalam imajinasi di depan anda dan bersujdlah dihadapannya untuk minta maaf atas kesalahan anda dan minta restunya untuk menjalani spiritual.

Belajar spiritual akan menjadi neraka tanpa terkabulnya doa ibu dan terbukanya chakra sahasrara. Karena panas yang terjadi di tubuh tidak bisa di buang keluar melalui chakra sahasrara. Chakra sahasrara adalah gabungan seluruh charka di tubuh manusia. Di chakra inilah kita dapat merasakan sorga dan neraka. Sorga dan neraka adalah permainan rasa. sorga dan neraka tiap-tiap individu berlainan. Tergantung pada individu itu menyikapi sesuatu. Jika seseorang melihat sesuatu masih ada lawan katanya, berarti tempatnya masih di dunia ini.

Kembali lagi pada chakra sahasrara. Chakra sahasrara adalah lobang tempat masuk dan keluarnya roh. Segala sesuatu dialam ini ada rohnya. Roh adalah energy yang bergetar. bahasa orang primitif untuk mengidentifikasi energy yang tidak tampak, tetapi bisa dirasakan. Hanya segelintir orang yang bisa melihat roh. Jaman sekarang dengan memakai foto kirlian kita bisa melihat aura bukan roh. Ilmu spiritual adalah ilmu modren tentang anatomi tubuh manusia yang telah di pelajari orang dari zaman dahulu jauh melampaui zamannya. karena zaman dahulu alat pembuktian tidak ada, butuh kepercayaan yang tinggi untuk memahami sesuatu yang asing.

” Hambatan terbesar belajar spiritual adalah ketidak percayaan tentang apa yang dipelajari itu”

Nabi dan orang suci adalah manusia yang telah maju pada zamannya. Pola berpikir mereka modren. Mereka memandang sangat jauh ke depan. Inilah efek dari terbukanya chakra sahasrara. mereka dianggap “orang-orang aneh” karena kerangka berpikir mereka melampui zaman ketika mereka hidup. Mereka sering dianggap menyalahi pakem yang saat itu sedang berlaku. Lebih ekstrim lagi kadang-kadang mereka dibunuh karena pengetahuannya.

Ketika chakra sahasrara terbuka lebar, masuklah pengetahuan langit ke otak manusia. Ilmu pengetahuan langit ini kadang-kadang berada di otak manusia yang belum tertransformasikan atau belum terpicu energy dengan bagus. Sehingga ilmu tersebut tidak bisa diterima. akibatnya ilmu pengetahuan ini hanya dianggap sebagai imajinasi yang mengada-ada atau dianggap sebagai bualan belaka. Seorang master menstransfer ilmu langit akan diterima berbeda dari masing-masing individu. Seorang pemimpi(walapun dalam kenyataannya dunia ini dikendalikan oleh pada pemimpi-Bukan republik mimpi)

Dengan terbukanya chakra sahasrara, semua charka di tubuh akan ikut aktif asalkan jalur energy chakra - chakra bersih. semua atribut keilahian terdapat di chakra sahasrara. Pantas apabila chakra sahasrara mendapat julukan The Mother Of Chakra. Chakra sahasrara lebih dikenal sebagai bagian dari tiga serangkai chakra yaitu sahasrara, anahatta, dan swadisthan. Jika salah sati dari ketiga chakra itu aktif yang lainnya ikut aktif. Ketiga chakra itu di agama Hindhu disebut Trimurti

Chakra Ajna/Agni

Nah ini dia chakra yang berkaitan dengan daya pikir. Orang India percaya inilah sorga karena di sinilah tempatnya keyakinan. Tempat kita memandang sesuatu masalah. Inilah tempat sesuatu angan-angan/imajinasi dapat mewujud dalam kenyataan. Chakra ini terletak diantara kedua alis. Para yogi tahu dan berhati-hati dalam berfikir karena apabila chakra ajna/agni sudah benar-benar kuat apa yang dikifirkan bisa menjelma menjadi kenyataan.

Inilah chakra tempat terjadinya proses pengendalian pikiran melalui hipnosis. Yang paling merasuk kedalam chakra ini adalah sesuatu dokrin yang berhubungan dengan bawah sadar/otak kecil manusia. Otak kecil dibagi menjadi dua. Otak kecil kanan dan otak kecil kiri. Banyak yang percaya otak kecil ini otak primitif, otak peninggalan zaman prasejarah sebelum otak besar berkembang. Bahkan otak kecil ini berhubungan dengan kesadaran universal. Perlu di ingat otak kecil kanan berhubungan dengan hal-hal yang positif sedangkan otak kecil kiri cendrung bersifat negatif alias merusak. Dinilah pada master berhati-hati menaikan atau memberi energy kundalini pada chakra ajna/agni jika energy tidak seimbang atau menumpuk di otak kecil kiri akan membawa orang tersebut ke arah kiri ( bisa mencelakai sesama, merusak keseimbangan energy alam sekitarnya )

Jika kita sering bermeditasi dan berlatih dengan charka ajna/agni, maka emosi-emosi dari masa lalu akan dikeluarkan. Kadang bahagia, kadang sedih bercampur baur. Malah orang yang berbakat bisa melihat kejadian-kejadian masa lalu secara visual seperti sedang menonton televisi jika chakra ajna/agni sudah kuat

Chakra Visuddi

Ini Chakra yang didalamnya terdapat jiwa manusia. Chakra yang menyebabkan seseorang merasa percaya diri alias PD. Seiring dengan bersihnya chakra tersebut, kita bisa langsung berhubungan dengan makrokosmos. Ini juga tempat seluruh karma negatif tertimbum. Jiwa terkotori pada tiap-tiap reinkarnasi terjadi. Dengan bangkitnya kundalini yang menyembur melalui chakra visuddhi, jadilah karma hanya sebuah mitos. Mengapa jadi mitos.? Kundalini sebagai manesfestasi roh yang suci telah membersihkan jiwa anda. Inilah tempatnya Tuhan jagat kecil (Buana Alit) dengan mekarnya chakra ini anda akan dengan mudah terhubung dengan makrokosmos, menyerap energy energy alam/ sari-sari alam untuk kesegaran badan kasar dan rohani anda. Itulah mengapa para pertapa mampu hidup tanpa makan dan minum di hutan. Chakra visuddhi terletak di tengah batang tenggorokan anda. Chakra visuddhi berpasangan dengan chakra mooladara(chakra dasar)

Chakra Anahatta

Chakra ini terletak di tengah dada, segaris dengan puting susu. Chakra ini dipercaya sebagai singasana roh di tubuh anda. Maksudnya dari tempat inilah kundalini menyembur dengan derasnya. Manusia zaman dahulu rata-rata kundalininya naik sebatas chakra anahatta. sedangkan manusia yang paling top dimasa itu kundalininya hanya menyembur sebatas chakra ajna. Tidak jelas dari mana tolak ukurnya dan penelitian tentang itu yang jelas ikuti dan belajar dari pengetahuan kuno pasti ada mamfaatnya.

Orang China percaya inilah titik tengah tubuh. Apabila diibaratkan sebuah rumah, titik pertemuan dua garis diaginalnya adalah chakra anahatta. ini disebut pusat energy chi. Apabila suplay energy chi terjaga dan bukan tertimbun, akan sehatlah tubuh anda

Chakra Solar Flexsus

Chakra ini merupakan pintu masuk bagian atas void. Chakra ini mengatur laju energy dari bawah bagian tubuh dengan bagian atas tubuh. Begitu juga sebaliknya. Apabila chakra solar flexsus tidak diurus dalam berlatih spiritual, biasanya seseorang praktisi akan mengalami lemah tubuh. Sangat banyak ditemui orang yang anti atau mengindari melatih chakra solar flexsus ini dengan berbagai macam alasan. Padahal chakra solar flexsus banyak sekali berhubungan dengan organ-organ vital yang ada di tubuh kita.

Tempat chakra solar flexsus di hulu hati, tepatnya di cekungan tulang dibawah dada. Pembersihan charka ini sangat penting dengan cara menerima segala hal dengan pasrah dan bereserah diri. Bapak Putu Ngrah Ardika sering kali bercerita mengajak murid-murid selalu tabah dalam segala hal secara tidak langsung kita membersihkan chakra ini. Pada kesempatan dharma wacana beliau juga sering di ceritakan bagaimana menjaga prilaku yang baik dalam menjalani hidup ini, menjaga keharmonisan keluarga, selalu berdoa dan sembahyang karena semua itu akan membawa pengaruh yang baik dalam melatih spiritual kundalini.

Void

Void bukan chakra. Akan tetapi sering di buat menjadi hambatan jika praktisi tidak memahami apa itu void. Void atau ruang kosong diantara chakra solar flexsus dan chakra tatien disebut void. Chakra nabhi menjadi titik tengah void. Void/Bhavasgar/Zen terjadi ketika seorang manusia masih berada di dalam kandungan. Suplay makanan dari ibu kita melalui tali pusar telah mengakibatkan terciptanya ruang kosong tersebut. Apibila kita melihat secara waskita, akan terlihat jalur sushumna terputus di void. ini belum dipenuhi energy illahi atau energy kundalini. Jangan anda berharap kundalini naik sampai ke chakra sahasrara atau nirwana jika void ini belum dipenuhi oleh energy Ilahi. Energy Ilahi sering di berikan secara transfer dalam setiap dharma wacana bapak putu. Energy Illahi akan timbul dan bisa dirasakan jika rasa kasih sayang anda telah bertambah. Jangan sekali-kali berbuat kurang baik, bicara kurang sopan, atau menghumbar napsu karena akan menghambat spiritual anda. Kembalilah kepada diri anda sendiri siapa anda sebenarnya, jika anda seorang pelaku speritual anda akan tahu diri sendiri adalah suci. Suatu contoh ambilah sehelai rambut anda dan jatuhkan, apa yang anda anggap rambut itu sudah pasti cemar apa lagi jatuh di makanan. Coba masih melekat di badan anda apakah cemar? tidak bukan,? itulah bertanda badan anda suci semasih roh ada dan bersemayam dalam diri anda. Jangan sia-siakan roh suci anda dengan napsu badaniah yang menuntut lebih itu karena konsep panca maha buta yang terkandung dalam badan/wadah kita selalu menuntut napsu

Ketika manusia tercipta sebelum ada ibu dan bapak, Tuhan menciptakannya dari panca maha buta. waktu itu unsur Tuhan masih besar dan manusia mampu bicara dengan binatang dan tumbuhan. Anak manusia yang baru saat itu disusui oleh sapi dan saat itulah sapi “mempastu” manusia …”heh kamu manusia kamu tidak akan suci lagi jika kamu makan daging saya kamu hanya boleh minum susu saya” demikian kata sapi maka sewajarnya kita jangan makan daging sapi. (kalau bisa vegeratianlah itu lebih bagus-Red)

Chakra Nabhi

Chakra ini terletak di pusar tubuh manusia. Chakra ini berhubungan dengan emosi manusia. Chakra nabhi adalah titik tengah void. Chakra Nabhi dipercaya sebagai tempat guru sejati. Ketika belajar spiritual, seseorang diharuskan mencari guru sejatinya. Chakra Nabhi ini akan menuntun anda untuk mencari guru sejati anda, setiap orang berbeda-beda itulah speiritual namanya karena ilmu ini terbuka dan tanpa batas. Dalam menapaki tangga-tanggal spiritual seseorang chakra nabhi akan menuntunnya. Keberhasilan spiritual seseorang dimulai dari sini. Jika seseorang telah menemukan guru sejatinya seiring dengan berkembangnya chakra nabhi maka orang tersebut tidak akan berpindah guru lain.

” Apabila Chakra Mooladara kotor ini dapat membuat seseorang dilanda keinginan untuk selalu melakukan bunuh diri”

Chakra Swadisthan

Chakra ini terletak di alat kelamin manusia. Chakra swadisthan juga dikatakan tempat pengetahuan suci. Inilah tempat yang disebut tempatnya insan kamil ( manusia sempurna) Chakra ini berhubungan dengan kreativitas dan pikirn yang bersih. Chakra ini termasuk di dalam triple chakra yaoitu chakra sahasrara, chakra anahatta, can chakra swadisthan.

Di dalam kebudayaan Bali kuno, chakra ini disimbulkan dengan lingga yoni atau sebagai lambang kesuburan. setelah kundalini bangkit dan mengaliri chakra ini, seseorang akan mendapatkan kesehatan dibidang reproduksi. Banyak yang tidak menyadari dirinya ketika tiba-tiba istrinya mengandung walaupun dia sudah berumur karena spermanya menjadi kuat. Anda mau buktikan.? belajar kundalini dahulu anda akan merasakannya

Chakra Mooladhara

Chakra ini terletak di ujung tulang ekor. Chakra ini dipercaya sebagai pintu gerbang kundalini. Chakra mooladhara disebut juga sacrum bone atau tulang suci. Kalau anda lihat, tulang tersebut berbentuk kepala gajah. Orang india memakai dewa Ganesha sebagai dewa penjaga chakra mooladhara atau penetralisir kekuatan jahat.

Chakra ini berhunungan dengan keseimbangan jalur ida dan pinggala. Anda cukup membuka chakra mooladhara dengan lebar. Apabila kotor chakra ini dapat membuat seseorang dilanda keinginan untuk selalu melakukan bunuh diri. Chakra mooladhara juga berhubungan dengan aliran darah di tubuh. Apabila anda sering masuk angin dapat dipastikan chakra mooladhara anda terganggu. Selalulah bersihkan chakra mooladhara dengan memberikan energy sinar merah terang benerang ke chakra ini.
posted by I Made Artawan @ 04.08  
1 Comments:
  • At 13 September 2010 18.36, Blogger zerlynda mayanti said…

    sangat membantu.



    saya ingin bertanya,
    saya kenal dengan seseorang dia berkata kepada saya bahwa dalam telapak tangannya itu terdapat segitiga, akan tetapi mata awam tidak dapat melihat segitiga tersebut. segitiga apa itu ???


    terimakasih.

     
Poskan Komentar
<< Home
 
Penyadur

Name: I Made Artawan
Home: Br. Gunung Rata, Getakan, Klungkung, Bali, Indonesia
About Me: Perthi Sentana Arya Tangkas Kori Agung
See my complete profile
Artikel Hindu
Arsip Bulanan
Situs Pendukung
Link Exchange

Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER

Rarisang Mapunia
© 2006 Arya Tangkas Kori Agung .All rights reserved. Pasek Tangkas