Arya Tangkas Kori Agung

Om AWIGHNAMASTU NAMOSIDDHAM, Terlebih dahulu, kami haturkan pangaksama mohon maaf sebesar - besarnya ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi - Tuhan Yang Maha Esa serta Batara - Batari junjungan dan leluhur semuanya. Agar supaya, tatkala menceriterakan keberadaan para leluhur yang telah pulang ke Nirwana, kami terlepas dari kutuk dan neraka.

 
Refrensi Pasek Tangkas
Untuk menambah Referensi tentang Arya Tangkas Kori Agung, Silsilah Pasek Tangkas, Babad Pasek Tangkas, Perthi Sentana Pasek Tangkas, Wangsa Pasek Tangkas, Soroh Pasek Tangkas, Pedharman Pasek Tangkas, Keluarga Pasek Tangkas, Cerita Pasek Tangkas. Saya mengharapkan sumbangsih saudara pengunjung untuk bisa berbagi mengenai informasi apapun yang berkaitan dengan Arya Tangkas Kori Agung seperti Kegiatan yang dilaksanakan oleh Keluarga Arya Tangkas Kori Agung, Pura Pedharman Arya Tangkas Kori Agung, Pura Paibon atau Sanggah Gede Keluarga Arya Tangkas Kori Agung, Keluarga Arya Tangkas Kori Agung dimanapun Berada Termasuk di Bali - Indonesia - Belahan Dunia Lainnya, sehingga kita sama - sama bisa berbagi, bisa berkenalan, maupun mengetahui lebih banyak tentang Arya Tangkas Kori Agung. Media ini dibuat bukan untuk mengkotak - kotakkan soroh atau sejenisnya tetapi murni hanya untuk mempermudah mencari Refrensi Arya Tangkas Kori Agung.
Dana Punia
Dana Punia Untuk Pura Pengayengan Tangkas di Karang Medain Lombok - Nusa Tenggara Barat


Punia Masuk Hari ini :

==================

Jumlah Punia hari ini Rp.

Jumlah Punia sebelumnya Rp.

==================

Jumlah Punia seluruhnya RP.

Bagi Umat Sedharma maupun Semetonan Prethisentana yang ingin beryadya silahkan menghubungi Ketua Panitia Karya. Semoga niat baik Umat Sedharma mendapatkan Waranugraha dari Ida Sanghyang Widhi – Tuhan Yang Maha Esa.

Rekening Dana Punia
Bank BNI Cab Mataram
No. Rekening. : 0123672349
Atas Nama : I Komang Rupadha (Panitia Karya)
Pura Lempuyang
Pura Lempuyang Luhur terletak di puncak Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang, ... Pura Lempuyang itu merupakan stana Hyang Gni Jaya atau Dewa Iswara.
Berbakti
Janji bagi yang Berbakti kepada Leluhur BERBAKTI kepada leluhur dalam rangka berbakti kepada Tuhan sangat dianjurkan dalam kehidupan beragama Hindu. Dalam Mantra Rgveda X.15 1 s.d. 12 dijelaskan tentang pemujaan leluhur untuk memperkuat pemujaan kepada Tuhan. Dalam Bhagawad Gita diajarkan kalau hanya berbakti pada bhuta akan sampai pada bhuta. Jika hanya kepada leluhur akan sampai pada leluhur, kalau berbakti kepada Dewa akan sampai pada Dewa.
Mantram Berbakti
Berbakti kepada Leluhur Abhivaadanasiilasya nityam vrdhopasevinah, Catvaari tasya vardhante kiirtiraayuryaso balam. (Sarasamuscaya 250) Maksudnya: Pahala bagi yang berbakti kepada leluhur ada empat yaitu: kirti, ayusa, bala, dan yasa. Kirti adalah kemasyuran, ayusa artinya umur panjang, bala artinya kekuatan hidup, dan yasa artinya berbuat jasa dalam kehidupan. Hal itu akan makin sempurna sebagai pahala berbakti pada leluhur.
Ongkara
"Ongkara", Panggilan Tuhan yang Pertama Penempatan bangunan suci di kiri-kanan Kori Agung atau Candi Kurung di Pura Penataran Agung Besakih memiliki arti yang mahapenting dan utama dalam sistem pemujaan Hindu di Besakih. Karena dalam konsep Siwa Paksa, Tuhan dipuja dalam sebutan Parama Siwa, Sada Siwa dan Siwa sebagai jiwa agung alam semesta. Sebutan itu pun bersumber dari Omkara Mantra. Apa dan seperti apa filosofi upacara dan bentuk bangunan di pura itu?
Gayatri Mantram
Gayatri Mantram Stuta maya varada vedamata pracodayantam pavamani dvijanam. Ayuh pranam prajam pasum kirtim dravinan brahmawarcasam Mahyam dattwa vrajata brahmalokam. Gayatri mantram yang diakhiri dengan kata pracodayat, adalah ibunya dari empat veda (Rgveda, Yayurveda, Samaveda, Atharwaveda) dan yang mensucikan semua dosa para dvija. Oleha karena itu saya selalu mengucapkan dan memuja mantram tersebut. Gayatri mantram ini memberikan umur panjang, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemasyuran, pemberi kekayaan, dan memberi cahaya yang sempurna. Oh Tuhan berikanlah jalan moksa padaku.
Dotlahpis property
Image and video hosting by TinyPic
Jalur Kundalini
Selasa, 29 Juli 2008
Jalur Kundalini, Ditubuh manusia terdapat tiga jalur besar atau tiga nadi besar, yaitu jalur sushmna, jalur ida, jalur pinggala. Ketiga jalur besar tersebut berkumpul menjadi satu di chakra mooladhara. Anda tahu trisula? sebuah tombak bercabang tiga. Ya seperti itulah ketiga jalur itu berada di tubuh kita. Ketiga jalur besar itu penulis berinama ” Trisula”. atau “ular bermahkota”

Jalur Ida

jalur ini banyak dikenal sebagai jalur bulan atau jalur dingin. Banyak pembangkitan kundalini dilakukan melalui jalur ini. mengapa? karena kundalini sangat mudah dinaikan melalui jalur ini. Untuk wanita tidak masalah pembangkitan kundalini dilakukan melalui jalur ini. Tetapi untuk laki laki lebih baik berpikir ulang karena akan menyebabkan impotensi yang cendrung bersifat menahun, menunggu sampai jalur pinggala aktif.

Jalur ida juga dikenal sebagai saraf simpatetik kiri. Saraf yang mengatur ego manusia.Ada aliran spiritual yang memproklamasikan dirinya sebagai aliran penyembuh. Tanpa mereka ketahui sebenarnya mereka menghantam jalur ida ini. Orang yang di hantam jalur idanya akan berkelakuan seperti orang yang kesurupan meraung-raung bahkan berkelakuan seperti binatang. Hal ini karena saraf simpatetik kiri berhubungan dengan otak kecil bagian kiri. Otak peninggalan fase evolusi primitif. Banyak penyimpangan spiritual terjadi dengan memakai jalur ini, mengundung pribadi-pribadi mati untuk datang, sehingga merugikan pencari spiritual yang serius dalam pencariannya.

Jalur Pinggala

ini adalah jalur panas atau jalur matahari. Jalur ini disebut juga sebagai saraf simpatetik kanan. Jalur ini mengatur superego (ego kebaikan). Jenis jenis mantra kuno, jenis-jenis pembangkitan kundalini kuno sebagian besar memakai jalur ini. Sekarangpun anda masih dapat menemukan kebiasaan memakai tangan kanan sebagai kebaikan dan tangan kiri sebagai kejahatan. Memang ada benarnya juga karena rata-rata pemakai tangan kanan adalah orang yang aktif otak besar kirinya. Orank besar kiri berhubungan dengan logika, sedangkan otak besar kanan berhubungan dengan rasa/perasaan

Saraf simpatetik kanan ini berhubungan dengan otak kecil kanan. Sesuai dengan sifatnya, otak kecil kanan/otak bawah sadar kanan adalah positif. Nanti penulis turunkan pemakain otak bawah sadar untuk spiritual. Otak bawah sadar ini punya kemampuan khusus dan terhubung dengan bawah sadar universal. Namun kemampuan ini kadang sering disalahgunakan untuk mencelakai orang (hipnotis)

Jalur Sushumna

Jalur ini kadang disebut sebagai saraf parasimpatetik atau saraf yang mengatur gerak refleks. Dengan jalur ini anda akan berlaku dan bersikap spontan dalam kehidupan, jauh dari topeng dan sikap kepura-puraan atau bicara sekedar lip service. Hebatnya lagi jalur ini dapat melebar hingga selebar mungkin.

Di jalur sushumna ini terdapat tiga jalur energy. Artinya satu jalur sushumna dapat dilalui tiga energy yang berlainan tanpa terjadi tabrakan. Jalur terdalam di jalur sushumna dialiri energy kundalini, selanjutnya jalur kedua diisi energy illahi dan jalur ketiga diisi energy chi biasa atau energy prana. Dengan kata lain, sushumna kita simbulkan 3 in 1

Para pembangkit atau grand master spiritual kundalini kebanyakan menggunakan jalur sushumna ini. Pada wajtu kundalini anda pertama kali dibangkitkan, jalur sushumna ini masih sangat sempit, akan tetapi dengan berjalannya waktu, jalur sushumna akan mulai terbuka lebar. Rasa panas akan semakin berkurang karena gesekan dengan energy negatif mulai berkurang, Ingat! jangan hentikan latihan apabila anda tidak merasakan energy lagi. Tetaplah berlatih, minimal sekali sehari. Meditasi yang telah di ajarkan guru perlu dilatih terus sehingga kundalini anda terus naik dan membesar.

Manfaat Sembahyang dan melukat untuk kundalini.

Bapak Putu Ngurah Ardika sering kali menyarankan kepada murid-murid rajinlah sembahyang dan melukat. karena tidak disadari ketika kita sembahyang kita menyerap energy Tuhan (Illahi) untuk membersihkan jalur ini. sedangkan melukat untuk mempercepat keluarnya partikel-partikel energy negatif yang di pecah oleh kundalini. Energy negatif yang tertimbum bertahun-tahun berbentuk kristal berwarna hitam. Ketika kundalini naik akan dipecah hingga berbentuk pertikel-pertikel kecil dan menyebabkan badan kita terasa panas. Sembahyang, melukat dan berlatihlah meditasi terus menerus niscaya kundalini anda akan cepat berkembang dan bersinar hingga puncaknya keluar dari tubuh, berwarna bening dan menyatu kepada beliau (Tuhan) spiritual anda akan mendekati sempurna.

Iklas mempercepat naiknya kundalini

Dalam kehidupan masa lalu kesadaran anda kurang maju dibandingkan saat ini, sehingga dalam menyikapi sesuatu menimbulkan karma. Karma itu terjadi sesuai dengan pola pikir kita dan daya pandang kita terhadap hidup ini. Segala sesuatu di alam semesta ini dikendalikan Sang Pencipta, Tuhan itu sendiri. Hanya manusia yang tidak bisa terlepas, Baik buruk dosa dan pahala adalah relatif. Jangan bersedih apabila mendapat nasib buruk, jangan terlalu senang ketika mendapat keberuntungan. Jangan terlalu berharap sesuatu. Just do it. Lakukan saja. jalani hidup ini. Biarkan mengalir jangan melawan atau anda akan kandas. Biarkan sifat dan kuasa Tuhan dalam diri bekerja ingatlah sembahyang lakukan jangan sampai ada beban dalam diri dan orang lain. Keiklasan akan menuntun dan membantu Roh kita yang terbelenggu dalam panca maha buta (sifat-sifat hewani) sehingga mampu membebaskan diri kita dari sifat-sifat angkara murka. Gunakan akal dan pikiran yang sehat dalam menyebrangi lautan duniawi ini sehingga tujuan hidup ini kita temukan… Semoga !!

[Oleh: Gede Suryawan di sunting dari berbagai sumber ]

posted by I Made Artawan @ 04.14  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
Penyadur

Name: I Made Artawan
Home: Br. Gunung Rata, Getakan, Klungkung, Bali, Indonesia
About Me: Perthi Sentana Arya Tangkas Kori Agung
See my complete profile
Artikel Hindu
Arsip Bulanan
Situs Pendukung
Link Exchange

Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER

Rarisang Mapunia
© 2006 Arya Tangkas Kori Agung .All rights reserved. Pasek Tangkas